KEBIJAKAN & PRIVASI ONKLAS



Kebijakan Privasi Onklas

Bagi kami Kerahasiaan Informasi atau privasi pengguna Onklas (“Anda”) adalah hal yang paling penting dan utama di perusahaan, baik Anda sebagai pengelola Sekolah maupun Siswa dan Wali Murid. Dalam halaman ini kami akan menjelaskan semua informasi terkait privasi dan bagaimana data pengguna kami simpan dan kelola di aplikasi, menggunakan aplikasi, situs web (www.onklas.id) dan situs web lain yang Kami buat dan kami kelola. Termasuk juga dalam ha ini fitur, teknologi, konten dan produk yang Kami sediakan, selanjutnya secara Bersama-sama disebut sebagai “Platform”.

Dengan mengunjungi dan/atau mendaftar Akun pada Platform Kami, Anda dan/atau orang tua, wali atau pengampu Anda (jika Anda berusia dibawah 18 (delapan belas) tahun) menerima dan menyetujui sesuai dengan tata cara dana pa saja yang digambarkan dalam Kebijakan Privasi ini.

Kebijakan Privasi ini mencakup hal-hal sebagai berikut:

  1. Informasi Personal untuk bisa mendapatkan data berupa identitas, demografi, dan lainnya.
  2. Penggunaan data pengguna Onklas.
  3. Jenis perlindungan privasi pengguna.
  4. Notifikasin / pemberitahuan kepada pengguna.
  5. Jenis penyalahgunaan data dan situs.
  6. Prinsip dan pembaruan konten.

DATA


Data User

User dalam hal ini termasuk di antaranya sekolah, guru, siswa dan orang tua.

Adapun data user kami simpan secara aman di pusat data Onklas. Data yang bersifat identitas termasuk:

  • Nomor Handphone.
  • Email.
  • Kartu Identitas.
  • Data Pengunjung Situs Onklas dan Aplikasi Onklas.

Adapun untuk pengguna Onklas yang melakukan login, kami menggunakan data cookies untuk menyimpan data seperti:

  • Login Anda.
  • Preferensi berdasarkan hak akses anda.
  • Menyimpan proses yang telah Anda lakukan di Onklas supaya Anda tidak perlu mengulang kembali.
  • Menyimpan data yang telah Anda isi di form supaya tidak hilang.

Selain cookies, kami juga mengambil data lokasi Anda saat ini pada saat Anda pertama kali mengakses Onklas untuk kami bisa memberikan data sekolah yang terdekat dari lokasi Anda sekarang. Browser akan mengirimkan notifikasi untuk meminta Anda mengaktifkan lokasi tersebut sebelumnya.

Notifikasi aplikasi. Kami menggunakan sistem notifikasi via aplikasi, Anda akan secara otomatis mendapatkan notifikasi tersebut. Anda akan mendapatkan popup pemberitahuan dan disitu Anda bisa mengetahui isi notifikasi tersebut. Adapun notifikasi tersebut dikirimkan apabila:

  • Ada pemberitahuan presensi kehadiran anak Anda.
  • Ada berita, pengumuman dan nilai yang dikirimkan pihak sekolah.
  • Ada informasi tagihan keuangan anak Anda.

Penggunaan data pengguna Onklas baik sebagian atau keseluruhan yang dikumpulkan dari user akan digunakan untuk hal-hal sebagai berikut:

Memproses segala bentuk layanan Onklas.

Penyediaan fitur-fitur Onklas kepada pengguna. Termasuk menawarkan, menyediakan, memfasilitasi, dan kegiatan internal Onklas seperti:

  • Pemecahan masalah software, bug, operasional, dan lain-lain.
  • Membantu dan komunikasi dari dan kepada user untuk mengatasi permasalahan yang mungkin muncul.
  • Memperbaiki layanan Onklas kedepannya.
  • Menggunakan data pengguna sebagai bahan penelitian dalam pengembangan fitur Onklas.
  • Melakukan monitoring dan investigasi apabila ditemukan hal-hal yang mencurigakan.

Dalam hal ini Onklas melindungi privasi user dan tidak akan memberikan data user Onklas kepada pihak ketiga tanpa melalui persetujuan user tersebut. Kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:

  • Dibutuhkannya data tersebut untuk menyajikan dan melancarkan segala bentuk proses layanan Onklas Termasuk namun tidak terbatas pada:

Transaksi dan proses pengiriman dana dari dan/atau kepada sekolah

  1. Distribusi data kepada mitra layanan Onklas yang telah saling mengintegrasikan API, layanan, dan sejenisnya.
  2. Pengguna menghubungi atau berkomunikasi dengan pihak Onklas melalui media yang bisa dilihat secara publik.
  3. Onklas bisa membagikan data yang relevan kepada tim-tim yang ada didalam perusahaan atas nama Onklas.
  4. Pengungkapan data yang dibutuhkan untuk upaya proses hukum atas permintaan yang sah dari aparat penegak hukum yang diakui oleh undang-undang.

Data Lainnya

Adapun pengambilan data pengguna lainnya kami lakukan menggunakan survey, chat dan form yang tertera di website maupun aplikasi. Semua data yang berhubungan user adalah untuk penggunaan internal, dan tidak akan kita sebarkan ke pihak ketiga tanpa persetujuan user.


Perlindungan Data

Adapun Onklas menggunakan SSL (Secure Socket Layer) dan sistem lainnya untuk melindungi data.

Adapun penyimpanan data juga kami lakukan di pusat data yang terpisah-pisah dan menggunakan metode pencadangan untuk keamanan.


Penyalahgunaan situs dan data

Onklas berhak menghentikan aktivitas user baik sekolah, guru, orang tua maupun siswa ketika ada penyalahgunaan situs dan data.

Yang termasuk dalam penyalahgunaan situs dan data adalah:

  • Pengumpulan data nomor handphone untuk keperluan komersial selain Onklas.
  • Menghubungi pengguna Onklas lain baik admin, guru maupun siswa dan orang tua untuk keperluan komersial selain Onklas.

KONTEN


Prinsip Konten

Onklas mengedepankan 4 nilai dalam menampilkan konten:

  • Akurasi atau Kebenaran.
  • Aktualisasi atau Update.
  • Kelengkapan.
  • Kualitas.

Onklas berhak mengedit dan menonaktifkan konten yang tidak sesuai dengan nilai-nilai di atas berdasarkan data review user, laporan user, maupun penilaian dari tim Onklas. Adapun tindakan terhadap konten akan kami berikan informasi terlebih dahulu dari 1 minggu hingga 1 hari tergantung level permasalahan.


Pembaruan Kebijakan Privasi

Onklas dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan terhadap kebijakan privasi yang telah dijelaskan sebelumnya. Diharapkan untuk setiap pengguna agar selalu mengecek secara berkala dan seksama untuk memeriksa perubahan-perubahan yang mungkin ada didalam kebijakan privasi ini. Namun dengan tetap menggunakan Onklas, pengguna akan selalu dianggap menyetujui segala perubahan-perubahan yang ada di dalam kebijakan privasi ini.